Skripsi Detektor Pengaman Rumah

(Kode INFORMAT-0003) : Skripsi Detektor Pengaman Rumah

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Pada jaman krisis multidimensi sekarang ini banyak sekali masyarakat kita yang kekurangan biaya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari, maka dari itu banyak juga masyarakat kita yang mengambil jalan pintas untuk dapat mencukupi kebutuhannya dengan menghalalkan segala cara, seperti membobol rumah ketika si pemilik rumah sedang tidak ada di rumah.
Dengan berkembangnya teknologi saat ini, maka suatu tantangan bagi kami untuk menciptakan suatu alat sederhana namun memiliki daya ketelitian dan ketepatan yang akurat. Di sini penulis ingin mencoba mengetengahkan satu alat yang dikontrol oleh sebuah Phototransistor dan dua buah infra merah yakni “DETEKTOR PENGAMAN RUMAH”. Alat ini diciptakan untuk dapat mempermudah pekerjaan manusia.

1.2. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan yang hendak dicapai dari penulisan ini adalah :
1. Untuk dapat menerapkan tentang kegunaan perangkat elektronika, serta manfaat dari “DETEKTOR PENGAMAN RUMAH”.
2. Untuk menambah pengetahuan kita tentang cara kerja dan manfaat pembuatan dari “DETEKTOR PENGAMAN RUMAH ”.
3. Sebagai syarat untuk meraih gelar setara sarjana.

1.3. Permasalahan
Selama ini sebagian masyarakat kita hanya mengenal sistem alat keamanan tradisional. Seperti kentongan, gendang, dan alu. Sistem alat keamanan tradisional tersebut hanya dapat dioperasikan secara manual oleh masyarakat sekitar yang secara kebetulan melihat adanya tamu tak di undang pada sebuah rumah, dengan cara memukul alat keamanan tradisional tersebut, agar masyarakat sekitar mendengar suara yang ditimbulkan dari alat keamanan tradisional tersebut.
Sedangkan dalam pemanfaatan detektor pengaman rumah, kestabilan dan
keakuratan dari suatu pendeteksian adanya tamu tak diundang merupakan suatu hal sangat penting. Pada rangkaian yang sederhana ini, tidak perlu menggunakan catu daya yang besar.

1.4. Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini permasalahan dibatasi pada pengenalan karakteristik dari komponen-komponen yang mendasari detektor pengaman rumah serta menjelaskan pembuatan dan cara kerja alat.

1.5. Metode Penulisan
Penulisan ini dibuat berdasarkan pada percobaan dan analisa. Metode penulisan yang dipergunakan adalah :
- Pendekatan teoritis, yaitu dengan menjelaskan karakteristik dari komponen-komponen dasar yang digunakan pada detektor pengaman rumah.
- Pendekatan riset yaitu dengan cara menjelaskan pembuatan alat serta prosedur penggunaannya serta mencoba mengamati hasil dari uji coba alat tersebut .

1.6. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan ilmiah ini terdiri dari 5 buah bab. Pada masing-masing bab tersebut mempunyai gambaran sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini akan membahas tentang latar belakang, tujuan penulisan, permasalahan, batasan masalah, metode penulisan, dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan dibahas mengenai teori-teori dari komponen elektronika yang mendasari pembuatan “DETEKTOR PENGAMAN RUMAH”.
BAB III : ANALISA RANGKAIAN
Pada bab ini akan dibahas tentang analisa rangkaian baik secara blok diagram maupun secara detail.
BAB IV : PENGUJIAN ALAT
Pada bab ini akan dibahas tentang prosedur penggunaan, hasil uji coba, pengamatan hasil perhitungan dari rangkaian “DETEKTOR PENGAMAN RUMAH”.
BAB V : PENUTUP
Pada bab ini akan diberikan kesimpulan dan saran-saran yang mungkin dapat bermanfaat bagi kita sekalian.