(Kode ILMU-KOM-0019) : Skripsi Strategi Public Relations PT Telkom Divisi Regional V Jawa Timur Dalam Membangun Brand Image Melalui Promo Produk
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Komunikasi merupakan aktifitas dasar manusia. Melalui komunikasi manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga tempat kerja, pasar, masyarakat, atau dimanapun manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak terlibat dalam komunikasi.
Begitu pentingnya komunkasi dalam kehidupan manusia, dan harus diakui bahwa manusia tidak akan bisa hidup tanpa komunikasi karena, manusia adalah mahkluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan berkomunikasi secara efektif maka, kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh manusia bisa berjalan dengan baik. Tanpa adanya komunikasi yang baik mengakibatkan ketidak teraturan dalam melakukan kegiatan sehari-hari baik itu di rumah, dalam organisasi, perusahaan dan dimanapun manusia itu berada.
Adapun pengertian komunikasi itu sendiri menurut Onong Uchjana Effendy dalam bukunya Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, mangatakan ; komunikasi pada hakekatnya adalah proses penyampaian perasaan atau perasaan oleh komuikator kepada komunikan.1 Brent D. Ruben yang dikutip oleh Arni Muhammad, mengatakan komunikasi adalah suatu proses melalui mana individu dalam hubungannya dalam kelompok, dalam organisasi, dalam masyarakat menciptakan, mengirimkan dan menggunakan informasi untuk mengkoordinasikan lingkungannya dengan orang lain.2 Komunikasi adalah suatu transaksi, proses simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan membangun hubungan sesama manusia melalui pertukaran informasi untuk menguatkan sikap dan tingkah laku itu.3 Jadi dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan untuk mengubah perilaku orang lain.
Perkembangan komunikasi berjalan dengan pesat dan cepat, sehingga banyak dijumpai bidang dalam komunikasi. Salah satu bidang komunikasi yang menyangkut kehidupan sosial adalah komunikasi organisasional/manajemen (organizational/management communication ). Public relations (PR) atau hubungan masyarakat (Humas), merupakan perkembangan komunikasi. Humas atau PR merupakan suatu lembaga yang bertugas menjalin dan menjaga hubungan baik dengan public internal, eksternal, dan stakholder perusahaan.
Public relations (PR) atau hubungan masyarakat (Humas) menurut J.C. seidel yang menjabat sebagai Direktur PR. Division of Housing, State New York mengatakan PR adalah proses yang kontinyu dari usaha-usaha manejemen untuk memperoleh good will (kemauan baik) dan pengertian dari pelanggan, pegawai dan publik yang lebih luas. Ke dalam mengadakan analisis dan perbaikan diri sendiri, sedangkan ke luar memberikan pernyataan-pernyataan.4 Edward L. Bernays menyatakan PR mempunyai tiga arti yaitu ; (1) pengertian kepada masyarakat, (2) persuasi untuk mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat, (3) usaha untuk menginterpretasikan sikap dan pebuatan suatu badan dengan sikap perbuatan masyarakat dan sebaliknya.5 Jadi PR adalah suatu lembaga atau perorangan yang bertugas melakukan hubungan baik ke dalam dan ke luar perusahan untuk memperoleh pengertian, kepercayaan, dan good will dari masyarakat dengan menggunakan strategi yang dimiliki. PR berfungsi menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antar lembaga/organisasi dengan publiknya baik interen maupun ekstern dalam pencapaian pengertian, menumbuhkan motivasi publiknya. Adapun PR secara mendasar menjadi tanggung jawab dari pimpinan puncak (top management) PR diharapkan bisa menjadi mata, telinga, dan tangan kanan pimpinan puncak perusahaan.
Dan peranan PR yang sangat penting yaitu sebagai wahana keluar dan ke dalam perusahaan. Saat ini hampir setiap Departemen pemerintahan atau lembagalembaga sosial telah mempunyai badan atau bagian humas. Bidang ini semakin terkenal setelah perang dunia II, karena tempat pendapat masyarakat semakin dihargai demi kemajuan dan kepercayaan bagi masing-masing badan atau lembaga, misalnya pemerintahan atau perusahaan tertentu. PT Telkom Divre V merupakan salah satu perusahaan terbesar yang bergerak dibidang produksi dan jasa telekomunikasi yang sampai saat ini terus berkembang. Untuk membangun brand image yang positif kepada masyarakat maka PT Telkom Divre V mengambil langkah salah satunya melalui promosi produk yang telah dihasilkan dengan strategi public relations.
Memasuki era globalisasi teknologi informasi pada abad ke-21 ini peranan PT Telkom Indonesia semakin penting. Telkom Indonesia berperan sebagai media komunikasi dalam pergaulan masyarakat dunia khususnya bangsa Indonesia dan untuk mempersatukan bangsa. Melalui media ini bangsa Indonesia tidak saja mampu berhubunga n cepat dan efisien, akan tetapi juga dapat menikmati berbagai macam hiburan yang disajikan oleh media massa mulai dari media cetak sampai dengan media elektronik seperti televisi.
Mengingat saat ini perusahaan-perusahaan banyak mengeluarkan produk dengan merek baru dan berbagai fasilitas yang dapat menggiurkan konsumen. Baik itu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa ataupun bidang produksi. PT Telkom Divre V yang merupakan objek dalam penelitian ini merupakan salah satu BUMN yang bergerak dibidang jasa layanan informasi dan telekomunikasi yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Di PT Telkom yang mempunyai banyak produk dan layanan yang disediakan di antaranya adalah ; telepon rumah, Telkomnet instant, Speedy, produk yang terbaru handphone (hp) flexi dan masih banyak produk yang lainnya.
Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan bisnis saat ini tak ketinggalan di Indonesia maka semakin banyak pula persaingan produk alat komunikasi dengan me rek baru terutama alat komunikasi sebut saja handphone, handphone saat ini bukan lagi menjadi barang mewah seperti dulu tapi saat ini hp sudah menjadi barang yang biasa dan dimiliki oleh siapapun karena ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat untuk memeperlancar bisnis ataupun komunikasinya dengan rekan yang berada di luar jawa atau bahkan di luar negeri. Saat ini hp yang terbaru ditawarkan dengan harga yang cukup dapat dijangkau oleh masyarakat dengan memberikan fasilitas, bonus, dan fitur-fitur yang bisa di gunakan oleh konsumen, misalkan bisa di buat untuk internet, bloototh, MMS, MP3, masih banyak lagi yang lain.
Disinilah peranan public relations dibutuhkan untuk membantu membangun brand image PT Telkom mengingat semakin banyaknya alat telekomunikasi dengan berbagai macam merek dan fasilitas. Salah satu caranya yaitu melalui promo produk yang telah dihasilkan. Dengan strategi yang dimiliki oleh public relations, maka kegiatan dalam membangun brand image bisa lebih mudah. Karena strategi public relations bisa dilakukan dengan promosi public relations. Yang mana suatu perusahaan adalah merupakan suatu produk atau jasa dalam kegiatan produksi atau pemasaran yang dilakukan oleh produsen baik produsen aktif maupun statis, maka dari itu keberadaanya disesuaikan dengan tempat jual beli. 7 Inilah salah satu manfaat adanya praktisi public relations.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat diambil beberapa rumusan masalah diantaranya yaitu :
1. Bagaimana langkah-langkah Public Relations PT Telkom Divre V dalam membangun brand image melalui promo produk.
2. Apa saja hambatan-hambatan Public Relations PT Telkom Divre V dalam membangun brand image melalui promo produk.
C. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan :
1. Untuk mendeskripsikan langkah-langkah Public Relations PT Telkom Divre V dalam membangun brand image melalui promo produk.
2. Untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan Public Relations PT Telkom Divre V dalam membangun brand image melalui promo produk.
D. Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Secara Teoritis
Penelitian ini diharapkan mampu menambah hazanah keilmuan bagi program studi ilmu komunikasi khususnya dalam dunia public relations, serta hasil penelitian ini bisa digunakan sebagai bahan evaluasi bagi PT Telkom Divre V.
2. Secara Praktis
Penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi PT Telkom Divre V, serta bagi saya sendiri untuk mengetahui benar bagaimana strategi public relations yang sesungguhnya.