Dalam ajang tahunan Pesta Blogger di tahun 2010 lalu, alhamdulilah, blog saya
strategimanajemen.net terpilih sebagai blog terbaik dalam kategori business entrepreneurship
(http://apresiasi.pestablogger.com/?p=63) . Oleh para juri (antara lain Najwa Shihab dan jurnalis
internet Budi Putra) blog tersebut terpilih sebagai nomer satu, dan layak mendapat hadiah sebuah
Netbook plus uang tunai 5 juta rupiah (lumayan bro).
Namun mungkin bukan hadiahnya yang penting. Yang lebih penting adalah pertanyaan : faktor apa yang
kira-kira membuat blog tersebut layak menjadi best blog? Dalam tulisan ringkas ini, saya akan mencoba
menelisik tiga faktor utama dibalik kemenangan itu.
Faktor yang pertama barangkali karena itu blog itu adalah niche blog, atau blog dengan topik spesifik,
yakni tentang manajemen bisnis. Sejak awal saya memang membangun blog itu dengan konsep yang
jelas dan spesifik, yakni bahwa konten blog itu hanya akan berbincang tentang topik strategi bisnis,
management skills dan dunia seputar career life (pemilihan nama domain blog pun dilakukan berdasar
konsep itu).
Saya sendiri percaya bahwa masa depan niche blog akan lebih kinclong dibanding dengan blog gado-
gado. Alasannya sederhana : jika ditulis dengan konsisten, niche blog akan punya peluang lebih baik
dalam menjaring loyal readers yang disatukan oleh minat yang sama. Contohnya : ya blognya Oom
ini . Karena secara konsisten selalu berisikan hal-ihwal tentang internet dan online business, blog ini
kemudian menjelma menjadi salah satu rujukan utama bagi para peminat untuk topik tersebut.
Faktor kedua mungkin klise tapi amat penting : blog itu diupdate secara konsisten, dan lebih khusus
lagi, diupdate setiap Senin pagi. Ya, sejak hadir empat tahun silam, blog itu selalu dipdate setiap Senin
pagi tanpa pernah berhenti. Dan kalimat “diupdate setiap Senin pagi” ini muncul di halaman homepage
supaya semua pembaca tahu.
Update blog adalah kunci untuk mengembangkan great blog. Akan lebih bagus lagi jika frekuensi update
itu dilakukan secara konsisten (misal setiap minggu sekali tiap hari Senin atau Kamis). Saya melihat
frekuensi update yang teratur ini membuat pembaca tahu kapan konten blog itu diupdate, dan akan
mendorong mereka membangun “kebiasaan baru” : oh ya setiap Senin pagi atau Kamis pagi, saya harus
selalu membuka blognya anu.
Frekuensi update yang teratur (dan konsisten) itu niscaya akan mendorong para pembaca untuk menjadi
loyal readers atau bahkan menjadi pelanggan melalui feedburner misalnya. Sebab mereka tahu, setiap
minggu/setiap dua hari sekali pasti akan ada konten baru dalam blog tersebut (inilah juga yang mungkin
menyebabkan pelanggan feed blog strategi + manajemen telah mencapai angka 7500 subscribers;
sebuah angka yang lumayan tinggi).
Faktor terakhir adalah yang paling penting : sebuah blog dianggap bermutu jika secara konsisten
menyajikan konten yang bermutu tinggi dan bermanfaat bagi para pembacanya. Jujur saja, faktor ini
yang cukup sulit, apalagi jika blog itu mempunya tema yang spesifik.
Konsekuensinya, sang blogger harus rajin membaca buku/majalah/internet dan melakukan riset agar
mampu menghasilkan tulisan bermutu setiap update. Itulah kenapa saya setuju dengan ungkapan
bahwa blogger yang bagus pastilah juga seorang yang punya hobi membaca. Sebab kalau tidak rajin
membaca untuk mendapatkan informasi baru, bagaimana ia akan mampu menulis positingan yang
bagus dan bermutu?
Itulah tiga elemen penting yang mungkin bisa dipetik sebagai pelajaran jika kita ingin membangun
great blog. Yang pertama : bangunlah blog dengan tema yang spesifik (niche blog); lalu update blog itu
dengan teratur dan konsisten. Dan terakhir : selalu berusaha untuk menyajikan konten yang renyah,
bermutu dan bisa membuat para pembaca kesengsem.
Kalau saja kita dapat menerapkan tiga resep itu dengan teratur dan jitu, maka blog kita suatu saat juga
pasti akan menjulang dalam jagat persilatan blogger di tanah air.
Bravo blogger Indonesia !!
GUEST BLOG:
Penulis dibalik Artikel ini:
Yodhia Antariksa | strategimanajemen.net