Contoh Menu Buka Puasa Sederhana

Contoh Menu Buka Puasa Sederhana - Terkadang bosan untuk makan makanan yang itu-itu saja, apalagi untuk berbuka puasa. Contoh Menu Buka Puasa Sederhana Pastinya kita ingin makanan yang menggugah selera dan sehat, tetapi tidak juga yang berlebihan. Ingin mencoba menu buka puasa sederhana dan unik ? Mungkin anda perlu mencoba membuat Shakshouka atau Shakshookah. Shakshouka adalah resep terkenal di Levant, Libya, Tunisia, Aljazair dan Mesir. Ini adalah hidangan sederhana, sangat cocok untuk berbuka puasa.

Resep dasar terdiri dari telur rebus dalam saus tomat pedas. Resepnya berbeda dari satu tempat ke tempat lain dengan menambahkan berbagai jenis sayuran, daging atau rempah-rempah tetapi selalu memuaskan dan lezat untuk dinikmati. Variasi untuk resep ini tidak terbatas, anda dapat menambahkan sayuran pilihan sesuai dengan selera anda, seperti paprika atau wortel tapi pastikan anda memasaknya dalam saus tomat sebelum menambahkan telur ke dalamnya. Anda juga dapat menambahkan terong untuk sausnya. Anda juga dapat menggunakan paperika, jintan hitam atau menambahkan rempah-rempah lainnya, tergantung apa yang anda suka.

Menu Buka Puasa yang Praktis




Shakshouka sangat sederhana, lezat dan kaya rasa serta praktis untuk membuatnya sangat cocok untuk menu buka puasa. Bahan yang perlu anda persiapkan, sebagai berikut :

Bahan untuk dua porsi
1 – 2 sendok makan Olive Oil
1 bawang bombay ukuran sedang, potong dadu
1 cengkeh dari bawang putih, cincang
2 cabai pedas pilihan anda (opsional)
2 atau 3 Tomat yang sudah masak, potong dadu
2 Telur
Garam dan Lada Hitam secukupnya

Cara membuatnya :
Tambahkan minyak zaitun ke dalam panci dipanaskan.
Masak bawang bombay sampai matang tetapi jangan sampai kecoklatan
Tambahkan tomat, aduk
Tambahkan garam dan lada hitam secukupnya
Tambahkan bawang putih cincang dan campur dengan tomat dan bawang
Tambahkan paprika cincang dan aduk rata dengan saus
Masak saus selama 8-10 menit, angkat bersama-sama dan menjadi seperti sup.
Masukan telur di atas, jangan diaduk, masak dengan api sedang sampai telur matang sepenuhnya. Tutup panci untuk memastikan telur matang sepenuhnya. Tapi tergantung pada selera anda, anda dapat memasak telur setengah matang.
Angkat dan siap disajikan

Di negeri asalnya, biasanya Shakshouka dihidangkan dengan roti. Tapi anda juga dapat menggantinya dengan nasi. Ini merupakan menu buka puasa yang baik karena mengandung gizi yang sehat. Apalagi jika anda menambahkan cincangan daging sapi tentunya akan menambah rasa yang sangat luar biasa.


Sumber : http://kuekeringlebaran.com/menu-buka-puasa-sederhana

Postingan terkait: