Peters Schaller : Persiba Harus Punya Striker Sekelas Albeto Beto Goncalves !


Kekalahan tim Persiba Balikpapan atas tamunya Persipura Jayapura, memang sudah diprediksikan sebelumnya. Aib kedua di kandang Beruang Madu-julukan Persiba- tersebut memang tak terlepas dari absennya lima pilar inti Persiba yakni Aldo Barreto, Asri Akbar, Ahmad Sembiring, Rahmat Latief dan Tomislav Labudovic.

Tapi alasannya bukan hanya karena absennya kelima penggawa inti Persiba tersebut menjadi penyebab kekalahan. Direktuk Tekni Persiba, Hans Peters Schaller menegaskan jika yang menjadi pembeda mengapa timnya kalah dari Mutiara Hitam adalah karena tim tamu memiliki striker brilian Alberto “Beto” Goncalves.

“Tanpa absennya lima pemain inti memang menjadi beban buat tim kami. Tapi bukan hanya itu yang menjadi penyebab kekalahan tim kami. Persipura adalah tim kuat dan punya banyak pemain berkualitas. Dan Alberto Goncalves menjadi pembeda di pertandingan tadi (kemarin.red),” ungkap Schaller dalam jumpa persnya usai laga kemarin (3/7).

Sejauh ini, kata Schaller, Persiba memang kerap mengalami kebuntuan. Termasuk saat menjamu Persipura, beberapa peluang gagal terealisasi. Tapi tidak demikian dengan Persipura yang memiliki penyerang berkualitas seperti Beto Goncalves dan juga kreator tim Zah Rahan Krangar.

“Penyerang seperti Beto tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika dia berhasil menciptakan satu gol, dia akan cenderung untuk terus menciptakan gol- demi gol. Dan itu terbukti, setelah berhasil menciptakan gol lewat penalti, Beto kembali membuat gol kemenangan timnya,” terang pelatih asal Austria ini.

Karena itu pula, Schaller sepertinya mengisyaratkan kepada manajemen timnya agar di musim mendatang Persiba bisa mendatangkan striker-striker haus gol yang tak kalah garangnya dari Beto Goncalves.

Dengan kemenangan atas Persiba tersebut, sekalipun Persipura gagal memertahankan gelar juara di Indonesia Super League (ISL) musim 2011-2012 ini. Namun Mutiara Hitam dipastikan mengunci posisi runner up dengan koleksi 68 poin, angka yang tak mungkin terkejar pesaingnya Persiwa Wamena.

Selain itu, tambahan dua gol Beto ke gawang Persiba, membuka kans Beto Goncalves merebut gelar sebagai top skor musim ini. Tambahan dua gol membuat striker asal Brasil ini sukses mengoleksi 24 gol menjahi pesaing terdekatnya Keith Kayamba Gumbs yang mengoleksi 22 gol. Keloksi gol Beto pun masih akan terus bertambah jika dirinya berhasil menciptakan gol kemenangan timnya di laga pamungkas saat menghadapai tuan rumah Persegres Gresik (11/7).

“Meski kami gagal, tapi kami tetap komitmen untuk memenangkan semua laga tersisa. Setelah Persiba kami kembali membidik Persegres. Harapan kami selain ingin menuntaskan kemenangan di ujung kompetisi ini, tentunya ingin Beto Goncalves bisa menciptakan gol lagi dan bisa merebut gelar top skor. Kami selalu motivasi semua pemain untuk yang terbaik,” tandas Mettu Dwaramurry, asisten pelatih Persipura.(san)

Postingan terkait: