Persiba vs Persipura = 1-2 , Semakin Kokoh !! Kokoh di Peringkat 2


Persipura Jayapura memetik poin penuh dengan membenamkan Persiba Balikpapan melalui skor 2-1 dalam laga lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Parikesit, Balikpapan, Selasa, 3 Juli 2012. Gol Persiba diciptakan striker Kenji Adachihara pada menit ke-24, sedangkan gol Persipura dicetak Alberto Goncalves Da Costa di menit ke-58 dan 66.

Hasil ini membuat Persipura kian kokoh menjadi juru kunci peringkat kedua klasmen sementara LSI dengan nilai 67 poin dari 33 laga. Sedangkan Persiba pada peringkat ketujuh dengan nilai 48 poin dari 33 laga.

Gol Kenji berawal dari upaya penyerang Sultan Samma yang melepaskan umpan dan diteruskan Matsunaga Shohei ke jantung pertahanan Persipura. Umpan langsung dikonversi Kenji menjadi sebuah gol ke gawang Persiba.

Memasuki babak kedua, pemain Persipura mencoba meningkatkan intensitas serangannya dengan memanfaatkan pergerakan Alberto serta Lukas Mandowen. Keduanya menyisir barisan pertahanan Persiba yang minus Tomislav Labudavic, Asri Akbar, Ahmad Sembiring, Rachmad Sembiring, dan Aldo Baretto.

Petaka muncul saat umpan silang Beto menyentuh tangan kiri pemain bertahan Persiba. Wasit yang memimpin pertandingan langsung menunjuk titik putih untuk keuntungan Persipura yang kemudian tidak disia siakan lagi oleh Alberto.

Persiba makin terpuruk saat serangan balik Persipura membuka kesempatan bagi Beto untuk kembali merobek gawang milik I Made Wirawan. Pemain bertinggi badan 175 centimeter ini melepaskan tendangan geledek dari luar kotak pinalti pertahanan Persiba.

Pelatih Persiba Peter Hans Schaller kecewa menuding absennya lima pemain pilar menjadi penyebab kekalahan atas Persipura. “Lima pemain musti absen, tapi pemain yang lain cukup bermain bagus dengan menciptakan banyak peluang. Persipura dua kesempatan dan dua gol,” tuturnya.

Asisten Pelatih Persipura Mettu Dwaramurry mengatakan tim tuan rumah telah memperagakan permainan menawan meskipun tanpa hadirnya lima pemain pilar. Namun kemenangan ini menjadi keuntungan bagi Persipura dalam pertandingan selanjutnya. “Kita melihat permainan Persiba yang memikat dalam pertandingan tadi,” ujarnya.

Postingan terkait: